4 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Buah plum memiliki rmanfaat untuk melancarkan metabolisme sehingga bermanfaat untuk diet.

Namun kandungan nutrisi di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda Secara keseluruhan.

Buah plum dan buah prune, plum versi kering samat-sama bergizi dan bermanfaat.

Namun, buah plum sedikit lebih tinggi kalori, serat dan vitamin K.

Berikut ini, ahli diet Gaby Vaca-Flores, membagikan manfaat utama buah plum bagi kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.

“Buah plum adalah sumber yang bagus dari beberapa nutrisi penting—termasuk vitamin C dan E—sementara rendah gula,” kata Vaca-Flores.

Plum juga mengandung antosianin, yang merupakan pigmen merah, ungu, dan biru yang termasuk dalam kelompok fenolik.

Antosianin dipuja karena khasiat obatnya yang luas, yang meliputi efek antidiabetes, antikanker, anti-inflamasi, dan antimikroba, menurut artikel 2017 di Food & Nutrition Research.

Pertahankan kulit plum Anda, karena mengandung konsentrasi senyawa pelindung yang lebih tinggi dibandingkan dengan dagingnya saja.

Mirip dengan buah-buahan kering lainnya, buah plum juga bermanfaat untuk dimakan jika Anda sedikit didukung berkat kandungan serat dan airnya.

“Sebuah plum berukuran sedang menyediakan hampir satu gram serat, dengan serat yang penting untuk pencernaan dan keteraturan,” kata Vaca-Flores.

“Selain itu, diperkirakan bahwa buah plum mengandung 80 persen air, yang juga dapat membantu menjaga segala sesuatunya tetap berjalan.” Seperti yang disebutkan Vaca-Flores di atas, buah plum utuh rendah gula — dan dengan indeks glikemik (GI) 35, mereka dianggap rendah glikemik.

(Untuk konteksnya, makanan rendah glikemik memiliki GI 55 atau kurang.) “Plum juga menghasilkan hormon yang disebut adiponektin, yang dapat membantu keseimbangan gula darah,” kata Vaca-Flores.

Last but not least, dia menambahkan bahwa kandungan serat dalam buah plum bekerja secara ajaib di luar bantuan sembelit karena “juga dapat membantu mencegah kenaikan gula darah.” Singkatnya, buah plum tidak mungkin meningkatkan kadar gula darah, jadi ini adalah camilan sehat bagi mereka yang perlu ekstra hati-hati dalam hal ini.

Satu studi bahkan menemukan bahwa asupan plum yang lebih tinggi (di antara buah-buahan utuh lainnya) dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, menjadikannya lebih layak untuk ditambahkan ke laci produk Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa buah plum dapat menawarkan manfaat kesehatan jantung pelindung juga.

“Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa plum kering mampu mengurangi kadar kolesterol dan faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskular, seperti peradangan dan kapasitas antioksidan,” kata Vaca-Flores.

Juga, ingat penjelasan sebelumnya tentang antosianin? Ternyata peningkatan konsumsi antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, yang merupakan penyebab utama kematian pada pria dan wanita di seluruh dunia.

WELL+GOOD

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *