Apa Saja Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet ?

Kecepatan akses internet yang kamu miliki berperan penting dalam memindahkan data atau mentransfer file yang ada dengan cepat.

Sayangnya kecepatan akses internet itu tidak selalu stabil. Ada banyak faktor yang dapat mengganggu kelancaran akses internet. Internet bisa dengan cepat mengirim data bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, kecepatan juga bisa sangat lambat bahkan sampai berjam-jam.

Inilah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran pada  kecepatan akses internet yang perlu kita ketahui, berikut ini penjelasannya.

Apa Saja Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

  1. Komputer atau Laptop. Setiap komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang mempunyai peran penting dalam sistem kerja komputer tersebut. Jika salah satu perangkat tersebut mempunyai kecepatan rendah, dapat mempengaruhi kecepatan akses internet yang menjadi lambat.
  2. Modem. Setiap modem mempunyai spesifikasi yang bervariasi. Biasanya modem yang banyak digunakan mempunyai kecepatan 56 kbps. Sehingga kecepatan akses pada internet masih standar atau stabil. Jika kecepatan modem semakin besar maka kecepatan akses pun akan semakin cepat.
  3. Bandwidth. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses pada internet.
  4. Jaringan Komunikasi. Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Masing-masing memiliki kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan jaringan internet paling rendah adalah line telephone. Sehingga Anda dapat menggunakan jaringan yang lebih tinggi seperti GSM agar kecepatan download dan upload lebih cepat.
  5. Jumlah Pengguna. Saat pengguna mengakses internet secara bersamaan, kecepatan akses internet akan turun. Dan biasanya hal ini terjadi pada jam kerja atau jam sibuk. Karena itu hindari penggunaan saat jam sibuk agar dapat mengakses internet dengan cepat dan stabil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *